Perlunya Idealisme


mendengar kata idealisme, sepertinya tampak menyeramkan. umumnya kata idealisme merekat pada sesuatu yang berbau kaku, kolot, radikal, dan paham kiri.
berbicara mengenai idealisme, berbicara juga mengenai prinsip. idealisme adalah sekumpulan prinsip2 dasar yang harus dipegang oleh seseorang agar mencapai keadaan yang ideal. orang yang punya idealisme berlebihan disebut idealis.
idealisme adalah sesuatu hal yang orang perlukan. bayangkan apabila orang nggak punya idealisme, hidupnya pasti nggak karuan. misalkan saja dalam beragama. kalo orang nggak punya idealisme mengenai agama yang diyakininya, kemungkinan kerjaannya cuman pindah2 keyakinan dan agama aja.
idealisme awalnya lahir dari kepercayaan. ketika kepercayaan itu tumbuh semakin besar, idealisme juga akan tumbuh beriringan. kebanyakan orang2 sekarang memiliki nilai idealisme yang kecil. alasannya, mereka nggak punya pegangan dan alasan yang kuat serta kepercayaan untuk memegang idealismenya. kebanyakan dari mereka tergerus masalah kehidupan yang berhubungan dengan uang. wajar ungkapan yang muncul adalah, ‘berjuang membela yang bayar’.
namun idealisme juga sebetulnya masih perlu, terlebih lagi untuk orang2 yang berbasis komunitas. tanpa idealisme, richard stallman nggak akan bisa ngewujudin perangkat lunak free dan open source. tanpa idealisme, seluruh perangkat lunak di dunia ini akan jadi proprietary. dan tanpa idealisme, islam hanya sebuah sejarah masa lampau. namun yang menjadi pertanyaan, seberapa besar nilai idealisme kini? benarkah tanpa idealisme, suatu keadaan ideal tetap akan terwujud? tapi ideal menurut versi siapa?
dari pada pusing mikirin itu, mending tidur ah… dah ngantuk…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s