Internetan Pake Handphone CDMA, Enaknya Pake Apa, yah…???


saat ini internetan udah jadi kebutuhan yang cukup penting bagi beberapa kalangan masyarakat di indonesia. namun, sulitnya jaringan dan mahalnya harga masih menjadi hambatan untuk dapat menikmati internet di nusantara. salah satu jalan keluar yang paling banyak ditempuh oleh sebagian orang di negeri ini adalah dengan menggunakan handphone.
namun nggak semua handphone memiliki layanan untuk berinternet yang nyaman. masalah harga dan kecepatan akses adalah hal yang selalu menjadi sorotan utama. berikut ini perbandingan 2 provider handphone cdma yang biasa orang gunakan untuk internetan.

starone
provider cdma yang satu ini memang cukup mengasyikan untuk digunakan berinternet. selain harganya murah, kecepatan aksesnya pun cukup kenceng. disebut murah, memang paling murah. untuk penggunaan berbasis volume, hanya dikenai tarif 1 rupiah per kilobyte-nya. untuk penggunaan berbasis waktu, hanya dikenai tarif 75 rupiah per menitnya. belum lagi kalo mendaftar untuk ngorbit, bisa sampai 50 rupiah per menitnya.
selain itu, ada juga paket pascabayar berbasis volume yang terhitung murah. untuk paket 350 megabyte, hanya dikenai biaya 49 ribu rupiah per bulan. dan yang lebih mantap lagi adalah paket 1 gigabyte yang hanya dikenai biaya 99 ribu rupiah per bulan. tapi awas, karena saking kencengnya, jangan sampai kebablasan. tapi lebih enak lagi kalo ada voucher khusus buat internetan. misalnya harga vouchernya 99 ribu untuk paket data sebesar 1 gigabyte.
tapi yang bikin ganjel adalah setingan untuk penggunaan berbasis volume dan berbasis waktu yang harus diregistrasiin dulu via sms dengan biaya 500 rupiah per registrasi. jadi kalo mau menggunakan berbasis waktu, harus kirim sms ke 799 berisi ‘reg time’ dan tunggu sms balesan. untuk berbasis volume juga gitu, harus kirim sms ke 799 berisi ‘reg vol’ dan tunggu sms balesannya. sangat nggak praktis dan buang2 pulsa.

flexi
keunggulan provider yang satu ini menurutku cuman praktis untuk setingan berbasis volume dan waktu aja tanpa perlu registrasi kaya provider yang udah disebutin di atas. bedanya antara volume dengan waktu, adalah isian nomer dial up-nya. kalo untuk berbasis volume, nomer dial up-nya adalah #777 dan kalo untuk berbasis waktu, nomer dial up-nya adalah 080989999, yang tidak lain adalah nomer dial up telkomnet instant. memang layanan berbasis waktu flexi menggunakan telkomnet instant yang terkenal cukup lemot.
untuk harga, masih agak mahal. untuk penggunaan berbasis volume biayanya 5 rupiah per kilobyte untuk yang prabayar dan 3 rupiah per kilobyte untuk yang pascabayar. penggunaan berbasis waktunya juga cukup mahal, yaitu 167 rupiah per menitnya. kenapa dikatakan cukup mahal? karena provider cdma ini agak lemot yang ujung2nya akses internet jadi nggak efektif.

so…??? pilih mana…??? kalo aku tetap merekomendasikan starone untuk internetan. tapi untuk telepon2an, aku merekomendasikan flexi karena tarifnya lebih murah daripada starone. keputusannya…??? terserah yang milih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s