Antara Linux, Windows, dan MacOS


saat ini terdapat 3 sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh orang di dunia, linux, windows, dan macintosh. masing2 sistem operasi memiliki keunggulan dan kekurangan yang tentunya dapat dimaklumi oleh setiap penggunanya. kalo aku ditanya, ‘sistem operasi apa yang kamu pilih?’ jawabannya adalah linux. mengapa linux?
ketiga sistem operasi yang mendominasi dunia semua udah aku coba. dimulai dari windows. sistem operasi keluaran microsoft ini digunakan oleh sebagian besar pengguna komputer di indonesia. tampilannya cukup sederhana dan nggak begitu banyak makan memori juga. yang aku suka dari sistem operasi ini adalah kualitas aplikasinya. ada beberapa ‘raja’ aplikasi ada di sistem operasi ini, seperti ms office untuk office, corel draw dan adobe photoshop untuk desain, dan beberapa aplikasi games. tapi, sistem operasi ini kurang stabil. biasanya kalo lagi dipake ama aplikasi yang membutuhkan memori besar dan kebutuhan memori kurang, biasanya suka nge-hang. selain itu, sistem operasi ini juga dikenal dengan peternakan virus-nya. sebagian besar virus (lebih dari 90%-nya) ada di sistem operasi ini. makanya males pake windows. meskipun aplikasinya enak dipakai, tapi nggak nyaman buat dipake kerja dan nyimpen data2 berharga.
sistem operasi selanjutnya adalah macintosh dari apple. aku kenal sistem operasi ini setelah menggunakan linux. sistem operasi ini memang handal dan stabil. selain itu, tampilan grafisnya juga lumayan enak. selain itu, beberapa ‘raja’ aplikasi yang tersedia di windows, ada di sini seperti ms office, coreldraw, dan photoshop. tapi yang aku kurang seneng dari sistem operasi ini adalah window aplikasinya. sangat kurang nyaman. kalo maximize, suka nggak optimal. berbeda dengan sistem operasi linux dan windows, macintosh nggak ada tempat untuk aplikasinya seperti tombol ‘start’ di windows atau applications di linux. selain itu, sistem operasi ini juga dikenal dengan harganya yang mahal dan hardware khusus.
sistem operasi linux ubuntu adalah sistem operasi favorit dan yang aku gunakan sekarang ini. keunggulannya, tampilan grafisnya bagus, lebih bagus dari macintosh, dan mudah digunakan. menurutku, sistem operasi ini adalah gabungan antara kemudahan windows dan kestabilan macintosh. meskipun bukan ‘raja’-nya, tapi aplikasi yang ada di sistem operasi ini sangat sederhana dan sesuai dengan kebutuhanku. tapi sayang sekali, ketersediaan driver untuk perangkat keras tambahan agak terbatas sehingga kalo mau beli, harus mikir dua kali, apakah perangkat keras tersebut memiliki driver di linux. meskipun begitu, aku tetap saya ama linux dan mudah2an selalu meggunakan linux.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s