Presentasi Sisfokampus di IGOS Center


kostan, bandung, sabtu, 19 januari 2007, 14.02.00 wib

waktu masih tidur di bogor, sekitar jam 8 pagi, tiba2 hapeku bunyi. ternyata ada sms. sms-nya ternyata dari pa eko mursito, dosen itb sekaligus pengelola igos center bandung. waktu diliat, dia nginformasiin bahwa sore hari ini ada presentasi mengenai sisfokampus di igos center. wah, aku langsung bingung karena ternyata rapat belum selesai. tapi akhirnya aku memutuskan untuk kembali ke bandung, meskipun dengan perasaan nggak enak.

aku nyampe di igos center jam 3 sorean. ternyata dari bandung ke bogor nggak selama yang aku bayangkan. tapi udah bisa nyampe aja syukur kok. buat nunggu waktu, aku cuman ngobrol ama nindy ampe jam 5.

menjelang jam 5, pak eko, pak hemat, dan bu esty mulai berdatangan. kemudian dateng juga dari pt ultra smart solutions yang akan mempresentasikan mengenai sisfokampus. satu hal yang bikin kaget, semua orang berpakaian rapi dan menggunakan kemeja. sedangkan aku? udah cuman pake kaos dan celana jeans, pake sendal jepit pula. busyet. akhirnya aku cuman ngumpet2 supaya tamu dari ultra smart solutions nggak ngeliat bagian bawahku yang cuman pake sendal jepit.

mendekati jam 5, kami semua duduk di ruang training igos center bandung. kemudian mas dewo mulai mempresentasikan sisfokampus setelah orang dari poss itb dateng. aku lupa namanya pak siapa. tapi yang pasti dosen tersebut baru datang dari luar negeri.
sisfokampus sendiri adalah perangkat lunak sistem informasi manajemen yang diperuntukan untuk perguruan tinggi. satu yang menarik, ternyata sisfokampus adalah perangkat lunak free dan open source. jadi perguruan tinggi yang menggunakannya nggak perlu bayar lisensi. pt ultra smart solutions sendiri menuai untung dari penyediaan dukungan layanan untuk perguruan tinggi yang memang membutuhkan dukungan untuk menggunakan sisfokampus.

sisfokampus sendiri adalah perangkat lunak berbasis web dengan menggunakan php dan database mysql. pengembangannya dilakukan sejak 2003 dengan melibatkan programmer sebanyak 20 orang yang merupakan staff ultra smart solutions. meskipun open source, tapi sayangnya belum ada orang di luar pegawai ultra smart solutions yang mau ikut mengembangkan perangkat lunak ini. padahal udah ditawarin dan source code-nya pun sudah ada di sorceforge.net.

waktu aku liat peragaannya pun, ternyata sudah cukup lengkap. ada banyak modul yang sangat membantu untuk me-manage sebuah perguruan tinggi. malah, ada cerita di sebuah perguruan tinggi yang menggunakan sisfokampus, yang awalnya mempunyai banyak pegawai tu, sekarang hanya mempekerjakan 2 orang tu saja. wah, ternyata efek penggunaan sisfokampus ada efek negatifnya juga yah. hehehehehe…

namun yang aku salutin, sudah ada orang indonesia yang mulai ngebuat dan ngembangin perangkat lunak open source, kaya pt ultra smart solutions ini. maju terus open source, maju terus teknologi indonesia, maju terus indonesia…

Yudha P Sunandar
Sn

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s