seminar bisnis open source


kostan, bandung, hari minggu, 2 september 2007 jam 22.30 wib
kemaren aku diundang ama wisnu untuk ngehadirin acara di comlabs itb. di sana ada acara tentang bisnis open source. waktu hari kamis aku tanya jam berapa, dia lupa waktunya. akhirnya aku asumsikan acara mulai jam 9, jam standar acara dimulai di bandung (acara yang aku tau tapinya).
setelah bangun jam jam setengah 5, sholat subuh, makan terus nelepon beberapa orang di telepon koin, akhirnya aku mutusin untuk nulis dulu. nulis tentang linux. meskipun aku nggak nyaman karena nggak terlalu nguasain materi dan kayanya kurang mood nulis, akhirnya tulisannya selesai. tapi waktu udah jam setengah 10.
astaga… aku telat. belum mandi, belum p**p, belum gosok gigi (tapi makan udah. hehehehe), akhirnya ke kamar mandi. cuman cuci muka dan gosok gigi sih, abis itu berangkat.
nyampe di salah satu gedung tempat acara diselenggarakan, aku langsung masuk. nyampe di ruangan, bengong soalnya nggak ada bangku kosong. abis itu, pintu masuknya di depan pula, hampir di sebelah pembicara seminar. panik, bingung, akhirnya langsung ngambil tempat duduk paling belakang yang kosong. kebetulan waktu itu mas diki jadi pembicara. wah keren mas diki, jadi pembicara. hehehehehe…
sepintas aku liat ruangannya, asyik. ruang kelas tapi kaya ruang seminar kaya di ui yang berundak seperti tangga dengan posisi pembicara di bawah. aku nggak tau harus nyebut ruangan semacam ini dengan sebutan apa, tapi kapan yah aku bisa kuliah di perguruan tinggi yang punya fasilitas kaya gini?
sekitar 10 menit aku duduk, tapi rasanya kurang nyaman. ada 3 deretan bangku di ruangan itu dan aku duduk di deretan tengah. aku liat ke deretan sebelah kiriku yang ternyata kosong banget, cuman dihuni ama 5 orang. belum lagi orang gendut yang ada di sampingku nggak mau diem. kerjaannya maen ayunan di deretan kursi yang aku dudukin dan emang udah agak goyang.
nggak seberapa lama, mas budi sulistianto dari unpad dateng. aku langsung melambaikan tangan karena beberapa kursi di sebelahku kosong. ngobrol2 bentar karena pembahasannya ternyata nggak aku ngerti, akhirnya aku ngajak mas budi untuk duduk di deretan sebelah kiri yang kosong banget. caranya keluar dulu, abis itu masuk dari pintu yang satunya lagi. maklum, ruangan ini punya 2 akses pintu di depan dan kayanya nggak mungkin kalo harus ngelewat di depan pembicara untuk pindah barisan kursi.
kebetulan ganti pembicara, akhirnya aku keluar terus masuk lagi ke pintu yang satunya lagi dan bisa leluasa duduk. aku liat di belakangku nggak ada mas budi. terus aku liat di kursi semula, ternyata dia masih di sana dan entah kenapa dia bilang nggak bisa pindah.
di barisan itu aku duduk di belakang mas diki yang baru jadi pembicara. terus ada juga disebelahnya mas zaki, alumni if itb juga yang sekarang kerja di perusahaan pak budi rahardjo. ternyata dia salah satu pembicara juga. terus di tengah2 antara mas diki dengan mas zaki, ada buku panduan open source yang memang disusun oleh pak budi rahardjo dan beberapa orang lainnya, termasuk mas zaki. aku pinjem terus baca, dan setelah ngeliat orang lain di ruangan itu punya, akhirnya dengan nggak tau malu aku minta bukunya. hehehehe…
di sela2 seminar, dateng pak hoky. beliau pimpinan umum majalah biskom. kali pertama aku ketemu beliau adalah malemnya sebelum acara ini, tepatnya di be-mall. aku kira dia nggak kenal aku. maklum orang penting seperti beliau pasti nggak akan kenal orang2 yang baru ketemu dan nggak ada apa2nya kaya aku. tapi ternyata, dia inget. malah yang paling mengagumkan, dia melambaikan tangan ama aku. wow, keren banget…
seminarnya sendiri cukup menarik tapi kayanya materi yang pembicaranya sajikan hampir sama pembahasannya. mungkin karena aku nggak dateng dari awal jadi nggak tau seperti apa jalannya acara.
selesai seminar, akhirnya ngobrol2 ama temen2 dari klub linux bandung dulu. sepertinya ada semangat baru nih. maklum wisnu baru dapet kabar bahwa klub mau dapet ruangan. asyik… abis ngobrol2, aku ngikutin mas budi sulistianto dan wisnu ke comlabs itb. ternyata gila juga comlabs itb. keren tuh. komputernya banyak. dan yang paling mengasyikan, kegiatannya juga buanyak banget. wah, jadi pengen aku.
Yudha P Sunandar
Sn

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s