Karena Setiap Orang Berproses


Foto: getentrepreneurial.com
Foto: getentrepreneurial.com

Entah apakah sedang musimnya atau memang tabiatnya, sebagian penganut Islam di Indonesia (bahkan di dunia) gemar mengkafir-kafirkan orang dan melabeli orang dengan cap “tidak beriman”. Umumnya mereka menganggap ajaran mereka yang paling benar dan ajaran orang lain adalah salah.

Lalu, bagaimana kita tahu bahwa seseorang adalah kafir dan beriman? Padahal, siapa yang tahu isi hati seseorang kecuali Allah semata?

Bagaimana pun, kehidupan ini adalah sebuah proses belajar. Semua yang ada di bumi ini sedang belajar seiring bertambahnya usia mereka. Semua belajar dan berusaha menjawab berbagai pertanyaan yang timbul dari kesadaran-kesadaran mereka melihat dirinya dan lingkungan.

Sialnya, banyak orang yang melabeli pembelajar ini dengan cap “bodoh”. Bahkan, ada sebagian orang lagi yang menyatakan bahwa pembelajar ini adalah orang-orang yang tidak mampu belajar. Sehingga sebaiknya ditendang saja dari kelas.

Saya kira, kita bisa belajar dari Albert Einstein, sang jenius abad 20. Sewaktu kecil, Einstein dinilai sebagai pelajar yang lambat dalam belajar. Banyak orang menduga bahwa dia memiliki dyslexia dan Sindrom Asperger, sebuah kondisi yang berhubungan dengan autisme. Beberapa kabar juga menyatakan bahwa Einstein gagal dalam pelajaran matematikanya di tingkat sekolah dasar.

Namun, siapa yang menyangka bahwa pada akhirnya Eisntein mengubah wajah fisika dan matematika abad 20. Dia menemukan teori Relativitas yang digunakan hingga saat ini. Lebih dari itu, Einstein juga dinilai sebagai seorang jenius abad 20.

Cerita Albert Einstein menurut saya mengajarkan untuk tidak melabeli orang dengan seenaknya. Dia yang bodoh dalam belajar saat ini, belum tentu adalah orang yang gagal. Pun begitu dalam berkeyakinan dan bertingkah laku. Orang yang memiliki tabiat buruk, belum tentu akan menjadi seorang pesakitan sosial di masa yang akan datang.

Bagaimana pun, setiap orang berubah, setiap orang belajar, dan setiap orang berproses.

2 thoughts on “Karena Setiap Orang Berproses

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s